Hasil Laboratorium dari Uji Kelayakan Higiene Sanitasi Jasaboga Dapur Lapas Bekasi Sudah Memenuhi Standart Kesehatan


 Bekasi – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bekasi berkomitmen untuk menjaga kesehatan dan sanitasi bagi Warga Binaan. Untuk itu, Lapas Bekasi bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kota Bekasi lakukan pengambilan sampel air bersih, air minum, dan makanan sebagai upaya menjaga kesehatan dan sanitasi jasa boga di dapur Lapas Bekasi.


Kepala Lapas Bekasi, Muhamad Susanni, mengatakan kedatangan tim uji laboratorium Dinas Kesehatan Kota Bekasi bertujuan melakukan penilaian kebersihan dapur serta proses penyimpanan dan pengolahan makanan untuk Warga Binaan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu syarat memenuhi perpanjangan sertifikat laik hygiene sanitasi jasa boga yang sebelumnya sudah pernah dimiliki Lapas Bekasi.

Susanni menerangkan hasil uji sampel air dan makanan yang telah diambil oleh tim uji laboratorium Dinas Kesehatan Kota Bekasi menunjukan hasil uji sampel air dan makanan di Lapas Bekasi bebas atau bersih dari indikator yang tidak diinginkan, maka Lapas Bekasi dapat melanjutkan proses perpanjangan sertifikat laik hygiene yang dibuktikan dengan hasil laboratorium dapur Lapas sesuai standar kesehatan.

Sementara itu, petugas Dinas Kesehatan Bekasi, Elisa menyebut tiap tempat penyelenggara makanan dalam jumlah besar seharusnya dilakukan uji kelayakan dan mendapatkan sertifikat laik hygiene sanitasi jasa boga. Selain melakukan uji sampel, tim uji laboratorium juga memberikan apresiasi atas kebersihan dapur Lapas Bekasi.

"Kondisi kebersihan dapur cukup bagus dan bersih sehingga pelayanan yang diberikan untuk Warga Binaan diharapkan maksimal sehingga Lapas Bekaai dapat mempertahankan sertifikat laik hygiene sanitasi jasa boga yang telah didapatkan sebelumnya,” ucap Elisa

Terdapat beberapa catatan yang diberikan tim uji, yaitu juru masak dan pengolah makanan agar selalu memakai apron dan topi serta disediakan tempat pemilahan sampah sejumlah dua macam, yaitu tempat sampah organik dan anorganik yang dilapisi plastik sampah dan ditutup rapat. Catatan tersebut guna memaksimalkan kondisi kebersihan dapur Rutan Purbalingga yang telah cukup baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال