Dewa Budjana dan Rhoma Irama Kolaborasi, Lahirkan Karya yang Unik



newskotabekasi.com - Dewa Budjana resmi mengumumkan proyek duet spesial bersama Rhoma Irama. Sudah sejak lama sang gitaris mendambakan hal itu.

"Memang sebuah cita-cita buat saya. Sudah beberapa kali saya menyebutkan pengin kolaborasi sama Pak Haji," ujar Dewa Budjana dalam acara peluncuran single tersebut di kawasan Kemang, Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Dipersiapkan sejak tahun lalu, kolaborasi Dewa Budjana dan Rhoma Irama melahirkan sebuah single bertajuk Smararindu. Kata Dewa Budjana, judul lagu terinspirasi dari kerinduan hati kecilnya untuk bersatu dalam berbagai aspek kehidupan

"Itu istilah dari Asmara Rindu, jadi kerinduan akan persatuan, kedamaian, dan kenyamanan dalam berbagai hal," kata Dewa Budjana menerangkan.

Dewa Budjana sempat pesimis tawaran berduet darinya akan diterima Rhoma Irama. Sebab ketika menyodorkan demo, lagu Smararindu masih sangat mentah.

"Jadi awalnya lagu buatan saya itu belum ada judul sama lirik. Pas ketemu Pak Haji terus saya sodorin, saya sempat mikir, 'Mau nggak ya?'" kenang Dewa Budjana.

Ternyata, Rhoma Irama cocok dengan notasi lagu disodorkan Dewa Budjana. Hanya ada beberapa perubahan yang dilakukan guna menyesuaikan warna vokal Rhoma Irama.

"Ini lagu unik. Dibilang dangdut bukan, pop bukan, jazz bukan," kata Rhoma Irama.

Setelah tahu Rhoma Irama tertarik dengan lagu yang ia sodorkan, Dewa Budjana berinisiatif untuk meminta sang raja dangdut membuat lirik. Ia merasa kemampuan dalam membuat lirik masih tertinggal jauh di bawah pentolan Soneta.

"Saya penginnya Pak Haji yang bikin lirik, karena ya panutan bikin lirik kan. Lirik bikinan beliau ini ke mana-mana kena gitu," kata Dewa Budjana.

Sayang, Rhoma Irama menolak permintaan Dewa Budjana. Ia berdalih ingin menghormati personel Gigi sebagai sang empunya proyek.

"Semua harus dari gagasan beliau lah. Kan lagunya juga karya beliau, aransemennya juga," kata Rhoma Irama.

Bagi Rhoma Irama, mendapat tawaran duet dari musisi sekelas Dewa Budjana saja sudah cukup membuat hati senang.

"Saya bersyukur, di usia saat ini ternyata masih ada anak muda yang ternyata masih berkenan berkolaborasi dengan saya. Ini suatu kehormatan buat saya dalam berkesenian," ucap Rhoma Irama.

Lewat proyek kolaborasi dengan Rhoma Irama, besar harapan Dewa Budjana agar misi mendengungkan perdamaian lewat lagu bisa terlaksana.

"Smararindu ini diharapkan bisa mempersatukan kembali alam kedamaian dan kenyamanan dalam perbedaan. Smararindu juga diharapkan menjadi contoh bahwa perbedaan bisa berselaras lewat lagu," kata Dewa Budjana.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال