7 Aplikasi Penguras Rekening Pengguna Android, Mengenal Malware SpinOK: Ancaman Serius yang Menguras Rekening dari HP



newskotabekasi.com- Semakin meningkatnya ancaman malware yang dapat menguras rekening semakin mengkhawatirkan. .

Salah satu malware yang saat ini menjadi perhatian adalah Malware SpinOK yang ditemukan dalam sejumlah aplikasi Android. Malware ini memiliki kemampuan untuk mencuri file pengguna dan bahkan mengganti konten clipboard mereka.

Tim keamanan dari CloudSEK telah mengidentifikasi sebanyak 193 aplikasi yang terinfeksi oleh malware ini. Meskipun beberapa minggu yang lalu, terdapat 43 aplikasi yang masih aktif di Google Play Store.

Malware ini menyebar melalui serangan rantai pasokan SDK yang berhasil menginfeksi banyak aplikasi. SpinOK memasuki perangkat pengguna melalui aplikasi yang menawarkan permainan mini. 

Untuk menarik minat pengguna, mini-game ini menawarkan hadiah harian, tetapi secara bersamaan juga mencuri file secara diam-diam di latar belakang.

Dr.Web adalah pihak pertama yang menemukan malware SpinOK belum lama ini. Setidaknya ada ratusan aplikasi dengan total unduhan mencapai 421 juta yang terinfeksi oleh malware ini.

Selanjutnya, CloudSEK menggunakan IoC yang ditemukan dalam laporan Dr.Web dan menemukan 92 aplikasi tambahan yang termasuk dalam daftar aplikasi jahat yang terinfeksi malware ini. Diketahui bahwa separuh dari jumlah tersebut terdapat di Google Play Store.

Google juga telah meninjau laporan terbaru tentang SpinOK SDK ini. Langkah-langkah telah diambil untuk menindak ratusan aplikasi jahat yang melanggar kebijakan.

Sebagaimana dikutip dari dikutip dari Bleeping Computer, pihak Google menjelaskan, "Pengguna dilindungi oleh Google Play Protect yang memberikan peringatan tentang aplikasi yang menunjukkan perilaku berbahaya pada perangkat Android melalui Google Play, bahkan aplikasi yang berasal dari sumber lain." 

Malware merupakan program berbahaya yang berpotensi mencuri data pribadi pengguna, memata-matai aktivitas smartphone, dan mengakses informasi sensitif. Data-data ini dapat disalahgunakan untuk melakukan tindakan kriminal, termasuk mengakses rekening bank pengguna.

Berikut adalah daftar beberapa aplikasi yang menggunakan SpinOK SDK dan masih tersedia di Google Play Store:

1. Macaron Match (XM Studio) - 1 juta unduhan

2. Macaron Boom (XM Studio) - 1 juta unduhan

3. Jelly Connect (Game Bling) - 1 juta unduhan

4. Tiler Master (Zhinuo Technology) - 1 juta unduhan

5. Crazy Magic Ball (XM Studio) - 1 juta unduhan

6. Selamat 2048 (Zhinuo Technology) - 1 juta unduhan

7. Mega Win Slots (Jia22) - 500.000 unduhan

Penting bagi pengguna Android untuk berhati-hati saat mengunduh aplikasi dan memperbarui perangkat mereka secara teratur. Selalu pastikan untuk menginstal aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya dan memperbarui sistem keamanan perangkat Android untuk melindungi diri dari ancaman malware yang semakin berkembang

#Malware #Spinok #rekening #aplikasi #android

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال