Bekasi – Jelang ramadan yang tinggal hitungan hari lagi, sejumlah tempat pemakaman umum  (TPU), di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai didatangi oleh peziarah dari berbagai tempat.

Ziarah ke TPU merupakan tradisi yang biasa dilakukan sebagian masyarakat jelang bulan Ramadan. Mereka mendoakan bagi sanak saudara yang telah berpulang lebih dahulu.

“Sejak Jumat (19/4/2019) lalu, TPU Perwira di Kecamatan Bekasi Utara, mulai ramai dikunjungi peziarah,”kata udin penjual bunga di areal pemakaman, Rabu (24/4/2019).

Dikatakan hari Jumat tanggal merah paskah, banyak umat kristiani juga ziarah di TPU Perwira. Untuk diketahui TPU Perwira Kota Bekasi pemakaman islam dan kristen berdampingan dalam satu komplek hanya dipisahkan dengan jalan setapak.

Menurutnya, jumlah peziarah di TPU Perwira akan terus meningkat saat mendekati bulan suci ramadhan. Setiap hari libur seperti tanggal merah selalu ramai dikunjungi. Karena TPU Perwira tertata dengan baik.

Ibu Khadijah, warga Kota Bogor, kepada zonabekasi.com, mengaku sengaja ziarah lebih awal. Hal itu menurutnya untuk menghindari kemacetan menjelang masuknya bulan puasa.

“Saya setiap tahun pasti ke sini setiap menjelang bulan puasa. Dan saat lima hari memasuki bulan puasa kawasan ini akan padat dan susah untuk sampai. Karena parkiran juga terbatas dan dipinggir jalur umum,”tandas mengaku ziarah ke makam orang tuannya.

Pantauan di lapangan disekitar makam sudah dipenuhi penjual bunga. Adapun bunga yang dijual adalah bunga yang sudah siap untuk ditabur di atas makam dan air mawar serozen water.

Yana salah seorang penjual bunga, mengaku untuk bunga yang sudah di dalam plastik dijual Rp5000 dan air bunga mawar Rp5 ribu.”peziarah hanya mengeluarkan Rp10 ribu audah dapat bunga dan air mawar. Jadi ga usah bawa bunga dannair lagi dari rumah,”ujarnnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here