KOTABEKASI- Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Bengkulu di ruang kerja Wakil Walikota Bekasi, Rabu (10/4). Kunjungan Kerja Pemerintah Kota Bengkulu ini dipimpin oleh Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi.
            
Dalam pengantarnya Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi memperkenalkan unsur pimpinan OPD dan Tim Percepatan Pembangunan Kota Bengkulu (TP2KB) yang turut serta dalam kunjungan kerja tersebut. “Hari ini saya membawa pimpinan OPD untuk dapat belajar dengan pemerintahan Kota Bekasi, termasuk juga Tim TP2KB”, ujar Wakil Walikota Bengkulu.

Dirinya menjelaskan kedatangan mereka ke Kota Bekasi juga dalam rangka mempelajari Peran dan Fungsi Tim Wali Kota untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan (TWUP4) Kota Bekasi.

“Terima kasih atas sambutan hangatnya dari pak Wawali Kota Bekasi. Pertama ingin mengenalkan diri saya, ada pepatah maka tak kenal maka tak sayang, dan ini juga saya langsung kenalkan batik Bengkulu yang memiliki khas yakni kaligrafi. Kami juga ingin bertukar pengalaman dan saling bertukar pikiran, ilmu. Dan ada beberapa hal yang ingin kita pelajari dari TWUP4 Kota Bekasi, jadi kita juga ingin belajar dari Kota Bekasi cara mendapatkan prestasi- prestasi,” sambungnya.
              
Sebelumnya Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto menyambut kedatangan Wakil Walikota Bengkulu bersama rombongannya dengan ucapan selamat datang seraya memberikan selayang pandang dan memperkenalkan karakteristik geografis, demografis serta potensi yang ada di Kota Bekasi.
             
Menanggapi maksud dan tujuan dari pimpinan Pemerintah Kota Bengkulu, Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto menjelaskan bahwa pada dasarnya Kota Bekasi berbatasan dan dikelilingi langsung oleh Jabodebek ( Jakarta, Bogor, Depok dan Kabupaten Bekasi). Tentunya dalam menghadapi tantangan Kota-kota Berkembang, dalam hal ini Pemkot Bekasi juga terus melakukan percepatan pengembangan inovasi dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan serta terus fokus melakukan pembangunan fisik berupa insfratruktur, pembangunan non fisik yakni pengembangan sistem dan SDM. Kota Bekasi juga dengan maksimal terus menggali sumber potensi pendapatan daerah dan menjadi Kota yang peduli akan lingkungan hidup.
              
” Kota Bekasi merupakan kota yang sedang berkembang, dan secara geografis juga dikelilingi oleh daerah mitra Ibu kota. Dan Kota Bekasi juga terus menghadapi tantangan-tantangan kemajuan dari peradaban kota berkembang, maka dari itu Pemkot Bekasi terus melakukan percepatan pengembangan inovasi dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan serta terus fokus melakukan pembangunan fisik berupa insfratruktur, pembangunan non fisik yakni pengembangan sistem di era digitalisasi serta pengembangan SDM. Kota Bekasi juga dengan maksimal terus menggali dan mengamankan sumber potensi pendapatan daerah yang ada dengan membentuk sistem. Kota Bekasi juga konsen terhadap permasalahan lingkungan yang merupakan dampak dari sebuah pembangunan, ” ujar Wakil Walikota Bekasi.

Lanjut Wakil Walikota Bekasi, tentunya untuk percepatan terwujudnya visi Kota Bekasi yang Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan, serta 45 program kerja Wali Kota. Maka dibentuk Tim Wali Kota untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan (TWUP4) Kota Bekasi.

Tim ini bertugas antara lain pertama, melakukan kajian dan analisa terhadap persoalan dan kendala yang dihadapi dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan prioritas Pemkot Bekasi di bidang masing-masing

Kedua, memberikan pertimbangan kepada Wali Kota dan atau Perangkat Daerah yang membidangi program dan kegiatan prioritas, sesuai bidang masing-masing.

Ketiga, menginisiasi dan menyusun terobosan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan prioritas kepada Perangkat Daerah terkait di Pemkot Bekasi atau antar lembaga di bidang masing-masing.

Keempat, memberikan masukan indikator penilaian dan evaluasi kepada Wali Kota terkait laporan kinerja perangkat daerah secara berkala.

Kelima, menyusun laporan kerja sebagai pertanggungjawaban kegiatan yang ditujukan kepada Wali Kota.

Dan keenam, adalah melaksanakan tugas lain yang diberikan Wali Kota sesuai bidang masing-masing.

Diakhir acara, dua pimpinan daerah saling bertukar cindera mata dan foto bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here