Beberapa hari terakhir akun instagram @sarahabulkhair berseliweran di lini media sosial. Hal ini lantaran Instagram Story miliknya yang mengundang banyak respon dari perusahaan dunia sekelas NASA dan Space X. Nggak tanggung-tanggung, ia pun terlihat menerima balasan Direct Message dari Gordon Ramsey dan Ellen DeGeneres. Wah wah ada apa sih sebenarnya?

Semuanya bermula dari ide kreatif Sarah yang dituangkannya dalam Instagram Story. Dalam story tersebut, gadis yang berkuliah di American Universty di Cairo mempunyai ide tentang pesta baberque (BBQ) yang lebih efektif dan berbeda.

Dalam story pembukanya ia membuat penawaran menarik untuk Nasa, bahwa ide bagusnya ini akan dibagikan secara gratis. Dalam idenya, Sarah mengajukan untuk meletakan panggangan beserata daging-daging tepat dibawah roket NASA yang akan meluncur.

Sarah yang merupakan mahasiswi Arsitektur, menjelaskan idenya ini lengkap dengan gambar dari emoji atau pun GIF.

Menurt Sarah ide ini bisa membawa beberapa manfaat diantaranya mengakhiri kelaparan di dunia, menghemat energy dan secara asal ia juga ngebawa asumsi kalau misalnya acara pesta BBQ ini bisa membahagiakan karyawan NASA yang nantinya membuat produktifitas meningkat. Sehingga NASA lebih baik dari Space X. Random banget ya?

Nggak lama setelah ia memposting idenya, Sarah kembali membagikan story yang berisi balasan dari NASA dan Space X. Dua balasan dari lembaga antariksa dunia itu pun mengundang balasan lain dari koki dunia sekelas Gordon Ramsey dan pembawa acara Ellen DeGeneres. Bahkan perusahaan media sekelas Buzzfeed dan Netflix!

Semuanya Sarah bagikan melalui story dalam bentk percakapan DM. Berkat story itu, DM di Instagramnya mendadak membludak. Internet famous yang dirasakan Sarah ini berkat ide abstraknya yang mengundang balasan dari perusahaan dunia.

Tapi tunggu deh! Nyatanya bukan Cuma netizen Indonesia aja yang suka lupacrosscheck informasi yang didapat dari media sosial. Setelah story Sarah tersebar kemana-mana, akhirnya Sarah mengaku bahwa semua hanyalah bagian dari social experiment. Ternyata tanpa adanya konfirmasi, banyak pihak yang sudah langsung percaya dan ikut menyebarkan.

B

Dalam klarifikasinya melalui Ig Story dijelaskan kalau sebelumnya ia juga telah mengirim direct message  ke NASA tentang hal yang akan ia lakukan hanyalah bagian dari social experiment. Dan berbagai sumber yang mengangkat berita ini nggak ada yang bertanya langsung kepadanya. Hmm… jadi tau seberapa jauh fake news  bisa tersebar dengan mudahnya,kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here