Kota yang berkembang pesat adalah kota yang ditandai oleh banyaknya bangunan vertikal yang tumbuh dikota tersebut, salah satunya adalah apartemen. Hunian yang sedang menjadi salah satu gaya hidup kaum metropolis ini banyak di bangun di berbagai kota, salah satunya di Kota Bekasi.

Banyaknya apartemen dikota Bekasi Membuat beberapa oknum menyalahgunakan fungsi apartemen, yang seharusnya digunakan untuk tempat tinggal kini apartemen telah digunakan sebagai hunian sementara (disewakan) bulanan, mingguan, harian, bahkan per 3-6 jam.

Chairoman Juwono Putro

Dalam hal ini Ketua Komisi I, DPRD Kota Bekasi, Chairoman Juwono Putro, meminta instansi terkait agar melakukan pengawasan pemanfaatanfungsi unit apartemen “Pemanfaat unit apartemen dengantujuan diluar pemukiman berpotensi menjadi penyalahgunaan. Contohnya apartemendijadikan tempat penyewaan tanpa pengawasan dan pengendalian,” ujar Chairohman,Kamis (1/11/2018).

Penyalahgunaan fungsi apartemen bisa saja berdampak negatif, seperti prostitusi terselubung, kejadian ini baru terjadi beberapa minggu lalu di apartemen center poin, pihak kepolisian telah membongkar praktek prostitusi tersebut.

Menanggapi kejadian tersebut Humas apartemen center poin, Aji Ali Sabana menyatakan pihaknya tidak menyangkal kemungkinan adanya praktik prostitusi dilingkup apartemen, “Kita tidak menutup mata kalau itu ada, dan kitapun tidak bisa menata satu persatu,karena disana ada agen-agen yang menyewakan unitnya untuk harian, bulanan atau tahunan,” Ujarnya saat ditemui jurnalis infolegislatif.net

Semakin berkembang pesatnya kota akan semakin banyak juga permasalahan yang akan dihadapi oleh pemerintah kota, dan masalah sewa-menyewa apartemen seharusnya menjadi catatan penting untuk pemerintah kota “Saya berharap nanti akan ada yang menginisiasi Perda tentang pengaturan hunian apartemen, atau mendorong eksekutif segera memasukan ini sebagai data masalah yang dimatangkan ke dewan agar memperkuat perda rusun yang ada. Mungkin ini bisa jadi catatan penting untuk perda berikutnya,” jelas Chairoman.

Berbagai dampak negatif bisa saja muncul akibat sistem sewa-menyewa apartemen, saat ini prostitusi, bagaimana dengan esok ,bisa saja muncul kasus narkoba, dan mungkin saja bisa lebih dari itu. Ini akan menjadi catatan penting untuk pemerintah Kota Bekasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here