Beranda Hukum & Kriminal 4 Kawanan Specialis Ganjal ATM Kepergok Polisi Saat Beraksi

4 Kawanan Specialis Ganjal ATM Kepergok Polisi Saat Beraksi

0
BERBAGI

ZONABEKASI.COM, Polisi berhasil menangkap empat orang pelaku pencurian dengan modus ganjal ATM yang tengah beraksi dijalan Wibawa Mukti,Jatiasih,Kota Bekasi, Minggu, (30/12/2018).

WakaPolres Metro Bekasi Kota AKBP. Eka Mulyana mengatakan, dari keterangan, para pelaku mengaku sudah beraksi sebanyak 16 kali dengan berpindah-pindah lokasi.

“Ke empat orang ini sudah menjalankan aksinya di Palembang, Bandung, Jakarta Timur dan Bekasi. Rata-rata yang di incar ATM BRI,” ujarnya kepada zonabekasi.com Senin,31/12/2018.

Dikatakannya, yang menjadi target sasaran para pelaku umumnya ATM BRI, karena menurut mereka ATM Bank BRI paling mudah untuk dilakukan tindak kejahatan ganjal ATM.

“Karena menurut mereka yang mudah diganjal itu mesin ATM BRI, mereka akan mencongkel pakai obeng di mulut ATMnya,”terangnya.

Keempat pelaku yang ditangkap yakni, Asri Efendi (22), Nusan Ardiansyah (22), Ricki Nursandi (26), dan Aris Iwansyah (29), mereka ditangkap saat hendak menjalankan aksinya di sebuah mesin ATM yang ada di daerah Pekayon, Bekasi Selatan.

“Mereka beraksi selama 7 bulan terakhir, setiap beraksi komplotan pencuri ini dapat mengambil uang nasabah hingga jutaan rupiah,”ungkap Eka Mulyana.

Dipaparkanya, beberapa dari tersangka merupakan residivis kambuhan yang pernah mendekam dipenjara dengan kasus yang sama.

“Tersangka NS (Nusan) ini pernah dihukum 8 bulan dengan kasus yang sama di Depok. AE (Asri Efendi) pernah terlibat, cuma waktu itu belum cukup bukti, akhirnya dibebaskan. Sedangkan dua pelaku lainnya sengaja direkrut oleh mereka,” bebernya

Eka Mulyana menghimbau kepada warga atau nasabah Bank agar selalu berhati-hati saat bertransaksi atau menggunakan ATM.

“Terutama pada saat ingin mengambil uang, atau melakukan transaksi agar ditutup menggunakan tangan ketika memasukkan nomor Pin ATM,” tandasnya.

Dari para tersangka Polisi mendapati barang bukti 1 buah senjata api berikut tiga butir peluru, 16 kartu ATM, 1 buah penjepit,1lembar plastik tipis pengganjal ATM, sebuah obeng, dua gunting kecil, dan uang tunai hasil kejahatan Rp.3 juta.

“Ke empat tersangka akan dikenakan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman 7 tahun penjara,” pungkasnya. (DIKA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here