Beranda Pemerintahan Target 40 Ribu Bidang PTSL di Kota Bekasi Capai 85 Persen

Target 40 Ribu Bidang PTSL di Kota Bekasi Capai 85 Persen

0
BERBAGI

ZONABEKASI.COM, Pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau yang dulu disebut Program Nasional (Prona) yang dilakukan Pemkot Bekasi bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota Bekasi atas pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018 tentang Percepatan PTSL di Seluruh Wilayah Republik Indonesia.

Melalui Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional telah menetapkan Pemkot Bekasi untuk dilakukan PTSL sebanyak 40.000 bidang tanah yang harus terukur, terdiri dari tanah pertanian, Nelayan budidaya, dan UMKM.

“Pelaksanaan PTSL di Kota Bekasi ada 40 ribu bidang, sedang dalam proses mencapai 36 ribu atau sekitar 85% dan yang sudah diumumkan mencapai 99% dari yang sudah mendaftar (39,ribuan),” ungkap Kepala tata usaha (TU) Kantor BPN kota Bekasi Koswara, Jumat, 28/12/2018.

Lanjutnya, kegiatan PTSL Kota Bekasi saat ini (2018), terbagi dalam 5 (lima) wilayah Kecamatan, diantaranya, Kecamatan Bantar Gebang, Kecamatan Rawalumbu, Kecamatan Mustika Jaya, Kecamatan Bekasi Barat dan Kecamatan Bekasi Selatan.

“Petugas BPN akan langsung turun ke lokasi untuk mengukur tanah milik warga dengan sistem berkelompok yang melibatkan Lurah dan Ketua RT, RW,” terangnya.

Dikatakan Koswara, tujuan pemerintah melaksanakan program PTSL ini selain untuk menjamin kepastian hukum, juga diharapkan mampu mendongkrak terjadinya penguatan ekonomi dimasyarakat.

“Banyak manfaat yang bisa didapat dari program PTSL, karena disamping memberi kepastian hukum dengan kepemilikan sertipikat, juga akan mengurangi konflik dan sertifikat ganda serta mempermudah pemetaan tata ruang,” beber Koswara.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk persertifikatan tanah, biaya pengukuran dibebankan kepada negara.

“Tapi ada peraturan walikota (Perwal) tahun 2018, ditentukan sebesar Rp.150,000 untuk biaya administrasi yang dikelola pihak kelurahan dan BPN tidak memungut biaya,” tegasnya.

Imbuhnya, progres program PTSL kedepan di tahun 2019, BPN kota Bekasi akan mentargetkan pensertipikatan 30 ribu bidang.

“Untuk tahun 2019 ada 30 ribu bidang, sementara diwilayah Bekasi Utara, wilayah lainya masih dalam pengembangan dan BPN akan menggunakan sistem jemput bola,” pungkasnya. (RAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here