Beranda Uncategorized Tim Penilai Lomba Gerak PKK Jawa Barat Sambangi Kelurahan Kayuringin Jaya

Tim Penilai Lomba Gerak PKK Jawa Barat Sambangi Kelurahan Kayuringin Jaya

17
0
BERBAGI

ZONABEKASI.COM, Tim penilai dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) propinsi Jawa Barat melakukan recheking Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Nasional 2018 di kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Kedatangan Tim Penilai disambut oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bekasi Hj. Gunarti Rahmat Effendi, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bekasi Nellyana Koesman.

“Ini adalah kebanggaan suatu kota dapat direcheking. Karena mengalahkan 27 kabupaten kota lainya, dan ini akan menjadi tiga besar. Untuk nanti juara ke satunya akan mewakili ketingkat nasional. Mudah-mudahan Kota Bekasi melalui PHBS, LBS maupun Kesraknya akan mewakili Jawa Barat maju ketingkat Nasional,” ungkap Lia Lestari Pokja IV Provinsi Jabar Kamis, 6/12/2018.

Dikatakan Lia, indikator penilaian lomba PHBS dan LBS meliputi input output maupun proses. “Alurnya sudah terpenuhi. Laporan sampai Nopember sudah kami terima.Mudah-mudahan di bulan Desember bisa 100 persen pencapaianya,  karena ini proses masih berjalan,” ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bekasi Hj. Gunarti Rahmad Effendi menuturkan, dirinya merasa bangga kota Bekasi menjadi salah satu yang terpilih oleh provinsi Jabar untuk menuju ketingkat Nasional.

“Dengan kerja keras PKK dan Dinas terkait sehingga kota Bekasi menjadi predikat Propinsi untuk menuju Nasional. Ini suatu kebanggaan kita perempuan dan ibu PKK kota Bekasi,” ungkapnya.

Menurutnya banyak sekali manfaat yang didapat dari program pokok PKK untuk diterapkan didalam rumah tangga.

“Manfaat PKK dalam keluarga banyak sekali, terutama soal menjaga keharmonisan rumah tangga dan pola asuh anak. Kalau tahun lalu primadona kita tentang kekerasan dalam rumah tangga. Disitulah banyak sekali ilmu dalam 10 program PKK, bapak-bapak silahkan baca,” tukasnya.

Penilaian dan verifikasi lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) meliputi 10 indikator seperti, persalinan ditolong tenaga kesehatan, memberi bayi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, menkonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik, serta tidak merokok didalam rumah. (RAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here