Beranda News Tiga Bulan Belum Terima Gaji Ratusan Buruh Perempuan Menjerit DiPemKot Bekasi

Tiga Bulan Belum Terima Gaji Ratusan Buruh Perempuan Menjerit DiPemKot Bekasi

0
BERBAGI

ZONABEKASI.COM, Gaji belum dibayar selama tiga bulan, ratusan buruh garmen Pt. Selaras Kausa Busana (KSB) yang beralamat di jalan Caringin RT.01 RW. 05 Bojong Menteng, Rawa Lumbu Bekasi Timur, menggelar orasi dipintu gerbang sisi selatan Plaza kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, pada Jumat (30/11/2018).

Dalam orasi yang disampaikan, para buruh pekerja yang rata-rata didominasi perempuan itu menuntut Pemkot Bekasi untuk menindak dan menjembatani pengembalian hak mereka yang belum di penuhi oleh perusahaan.

“Kami hanya meminta hak kami yang belum dibayarkan oleh perusahaan. Dan agar Pemerintah kota Bekasi segera menindak perusahaan tersebut juga menjembatani kami,”ungkap Verawati Ketua SPN Kota Bekasi.

Dikatakan Verawati, perusahaan asal Korea tersebut belum membayarkan upah gaji karyawan selama tiga bulan, terhitung dari bulan agustus 2018 setelah beredar kabar ada oknum perusahaan yang membawa kabur uang gaji 4000 karyawan Pt. KSB senilai 90 miliar.

“Saat ini karyawan yang masih aktif ada sekitar 1917 (seribu sembilan ratus tujuh belas) dengan masa kerja dua puluh delapan tahun,” ujarnya.

Perwakilan para buruh selanjutnya diterima diruang pressroom humas Pemkot oleh Kabid Hubungan Industri Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi Cecep Farid yang berjanji akan segera menindaklanjuti permasalahan para buruh tersebut.

“Karena pengusahanya tidak ada, ya sudah aset yang ada supaya terjamin untuk pekerja. Kita ajukan kepengadilan, supaya pengadilan ada suatu keputusan untuk nantinya aset tersebut bisa mencairkan untuk pekerja,” papar Cecep.

Kemudian Disnaker juga menyerahkan permasalahan itu kepada pihak kepolisian terkait untuk permasalahan hukumnya. Ia juga berharap Disnaker Provinsi Jawa Barat untuk ikut turun tangan menangani permasalahan buruh dengan perusahaan garmen tersebut. (DIKA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here