Beranda Hukum & Kriminal Warga Tangkap Pencuri Usai Pecahkan Kaca Mobil di Jati Asih

Warga Tangkap Pencuri Usai Pecahkan Kaca Mobil di Jati Asih

32
0
BERBAGI

ZONABEKASI.COM, Seorang pelaku pencurian barang berharga dimobil dengan modus memecahkan kaca berhasil ditangkap warga, usai menjalankan aksinya di Jalan Wibawa Mukti I, RT. 005, RW.08, Kelurahan Jati Asih, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi pada (31/10) malam.

Ariyanto (41), warga Kampung Bubulak, Bojong Kulur, Kabupaten Bogor yang keseharianya bekerja sebagai supir limbah mengalami luka pada bagian wajah, setelah aksinya memecahkan kaca mobil dipergoki warga. Sedangkan teman pelaku yang bernama soleh, warga Indramayu, berhasil kabur.

Menurut penuturan Kapolsek Jati Asih Kompol Illi Anas, pelaku berjumlah dua orang, kejadian bermula ketika korban memarkirkan kendaraan di pinggir jalan saat hendak membeli bakso.

“Saat korban bersama rekannya memarkirkan kendaraan Daihatsu Terrios warna biru, B 1632 VIU, tidak lama kemudian ada seseorang yang memecahkan kaca mobil lalu mengambil tas di dalamnya,”ujarnya kepada zonabekasi.com Kamis, 1/11/2018.

Namun, lanjut Illi Anas, aksi mereka dipergoki dan pelaku berhasil ditangkap warga kemudian diserahkan ke tim buru sergap polsek Jati Asih yang datang ke tempat kejadian perkara (TKP), “Ariyanto berhasil ditangkap setelah diteriaki maling oleh warga, sedangkan pelaku lainnya melarikan diri menggunakan sepeda motor,” terangnya.

Sambung Kapolsek, dari keterangan pelaku, Selama ini mereka sudah melakukanya tiga kali di wilayah Kota Bekasi dengan modus memecahkan kaca menggunakan serpihan busi yang di lumuri dengan air liur terlebih dahulu sebelum dilemparkan ke kaca mobil yang menjadi incarannya.

“Pengakuannya pelaku baru tiga bulan. Aksinya dilakukan di Cikiwul ,Bantar Gebang, Gunung Putri, dan Jatiasih mereka tertangkap,” jelas Illi Anas.

Saat dikonfirmasi awak media, pelaku Ariyanto, mengaku selama bekerja dengan Soleh, dirinya baru mendapat bagian Rp 70.000 rupiah.

“Kita tiga kali beraksi. Aksi pertama gagal, hanya tas saja enggak ada barang berharganya. Yang kedua hanya dapat power Bank sama flasdisk, dapat uang Rp. 170.000, saya dibagi Rp. 70.000. Kalau yang ketiga di Jatiasih ini kan gagal ketahuan,”ungkapnya.

Akibat perbuatannya, pelaku akan dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 4e dan 5e KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun penjara. (DIKA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here