Beranda Bisnis Ribuan Buruh Brigestone Tuntut Pemotongan Upah Kerja

Ribuan Buruh Brigestone Tuntut Pemotongan Upah Kerja

38
0
BERBAGI

ZONABEKASI.COM, Ribuan buruh pekerja di PT.Bridgestone Tire Indonesia (BTI), yang tergabung dalam Persatuan Unit Kerja (PUK) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia SPSI, menggelar aksi damai di pintu masuk perusahaan di jalan Pejuang Kali Abang, kecamatan Medansatria Kota Bekasi. Kamis (01/11/2018).

Dalam aksinya mereka menyampaikan tiga tuntutan kepada Pt. Bridstone Tire Indonesia, diantaranya menuntut  dikembalikan pemotongan upah sepihak tanpa prosedur oleh perusahaan, Kedua tegakkan prinsip keadilan dalam hubungan industrial, ketiga para buruhmenuntut PT.BTI untuk memecat Prie Haryono karena dinilai telah merusak keharmonisan yang sudah terbentuk dari awal.

Dikatakan Guntoro Kordinator aksi dari SPSI Bekasi Raya, selama ini diduga PT BTI telah melakukan pemotongan upah karyawan secara sepihak.

“Pemotongan upah oleh perusahaan bervariasi mulai dari Rp.300 ribu, sampai Rp.700 ribu atau pemotongan 4 persen dari total upah masing masing karyawan,” ujarnya kepada zonabekasi.com

Terang dia, sebelumnya para karyawan juga telah melakukan aksi mogok kerja selama dua hari sebagai protes pada kebijakan tersebut, namun tidak mendapat respon dari perusahaan.

“Pihak perusahaan tanpa koordinasi melakukan pemotongan gaji secara sepihak, kami SPSI Bekasi Raya memberi dukungan agar perusahaan bisa memenuhi hak karyawannya,” jelasnya.

Guntoro juga menyesalkan keputusan perusahaan terkait soal besaran upah karyawan pada 2018 yang ditetapkan secara sepihak oleh perushaan.

“Sesuai kesepakatan soal upah harusnya melibatkan serikat pekerja, tetapi perusahaan PT. BTI melakukan penetapan sepihak. Serikat pekerja sudah meminta dilakukan perundingan, namun pihak perusahaan menolak,” tukasnya.

Saat wartawan ingin mencoba mengkonfirmasi dengan pihak managemen terkait aksi itu, tetapi oleh Satpam ditahan dengan mengatakan managemen perusahaan masih rapat. (DIKA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here