Beranda Bisnis Job Fair 2018 Diharap Mampu Menyerap Calon Tenaga Kerja

Job Fair 2018 Diharap Mampu Menyerap Calon Tenaga Kerja

42
0
BERBAGI

ZONABEKASI -KOTA, Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) Republik Indonesia melaksanakan Job Fair 2018 dari tanggal 19 – 20 September 2018 yang diselenggarakan di Aula Garuda, Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Bekasi yang bertemakan “Get Your Job Happy Your Day” di jalan Guntur Raya, kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Menurut menteri tenaga kerja Republik Indonesia Muhamad Hanif Dhakiri, pameran kerja semacam ini bertujuan untuk mempertemukan secara langsung antara para pencari kerja, dengan penyedia lapangan kerja yaitu pihak perusahaan.

“Tentu ini menjadi salah satu instrumen penting untuk memastikan lapangan kerja, khusus nya bagi para pekerja muda ini apakah benar-benar bisa masuk ke lapangan kerja sesuai dengan klarifikasi yang mereka miliki,” ujarnya kepada zonabekasi.com Rabu, 19/9/20118.

Sebab, ia melihat bahwa balai pelatihan kerja (BLK) kota Bekasi memiliki posisi yang sangat strategis dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan perusahaan mendapatkan tenaga kerja skill.

“Kita tahu bahwa kendala dari beberapa pekerja kita adalah sulit nya atau terbatas nya pekerjaan skill yang ada di Indonesia, mengingat dari 133 juta angkatan kerja kita itu 58% itu lulusan SD dan SMP, “terang M Dhakiri

Oleh karena itu lanjut dia, “Hal ini tentu menjadi tantangan bagi kita sendiri. Karena itu, pemerintah melalui balai besar meningkatkan pelatihan fourkasi, pelatihan kerja di berbagai bidang kejuruan sesuai dengan kebutuhan pasaran kerja untuk memastikan agar jumlah dari tenaga kerja skill kita meningkat dari waktu ke waktu,” paparnya.

Lebih lanjut M Dhakiri menjelaskan harus ada sinergi antara dunia usaha dengan pemerintah, termasuk dengan balai besar pelatihan kerja untuk dapat bekerja sama dan terus berupaya dalam menurunkan angka pengangguran yang memang masih menjadi masalah di Indonesia.

“Kementerian tenaga kerjaakan terus berupaya dalam menekan angka pengangguran dengan meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari angkatan kerja kita, melalui pelatihan kerja dan fasilitasi penempatan tenaga kerja serta perluasan kesempatan kerja bagi pekerja yang belum bekerja,” pungkasnya.(Dika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here