Beranda Pemerintahan Pencemaran Kali Bekasi membahayakan Ekosistem Sungai

Pencemaran Kali Bekasi membahayakan Ekosistem Sungai

62
0
BERBAGI

ZonaBekasi -Kota, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi mengungkapkan pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor perihal dugaan pembuangan limbah perusahaan yang mengalir dari hulu Cileungsi dan sampai ke hilir Kali Bekasi.

Kemudian, DLH Kota Bekasi mengklaim sudah melakukan pemeriksaan secara rutin air kali Bekasi yang terkena limbah di Laboratorium. Namun dari hasil pemeriksaan sample air, dinilai hasilnya tidak memenuhi baku mutu air dan biota airnya sudah pada mati terkena dampak pencemaran limbah.

“Oksigen terlarut sangat jelek dan tidak hidup,  sehingga ikan di kali dan tanaman yang ada di kali pada mati semua karena tercemar limbah,” ungkapnya.

Terkait adanya dugaan pembuangan limbah oleh perusahaan ke aliran kali Bekasi yang dinilai sangat memberbahayakan bagi biota sungai juga bagi kesehatan manusia yang menghirup aroma bau tidak sedap yang ditimbulkan, instansi terkait telah melakukan penyusuran sungai.

” Akibat bahaya Limbah tersebut membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor bersama Kementrian Lingkungan hidup melakukan penyusuran di sepanjang kali, ” terangnya.

Dan sebagai upaya pencegahan pencemaran lingkungan hidup, DLH Kota Bekasi akan terus berkomitmen melakukan pengawasan dan sosialisasi kepada puluhan pabrik yang berada di sisi aliran kali Bekasi, agar mentaati peraturan yang berlaku.

“Kita ada di tengah-tengah. Berbeda kewenangan, maka kami bersurat ke Provinsi Jawa Barat agar koordinasi kewilayahan untuk penanganan ke depannya,” pungkasnya.(Ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here