Beranda Pemerintahan Cegah Penyakit, Distanikan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Cegah Penyakit, Distanikan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

76
0
BERBAGI

ZonaBeksi-Kota, Menjelang hari raya Idul Adha Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Kota Bekasi akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada hewan kurban.

Kepala bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan hewan Kota Bekasi Satia Sriwijayanti mengatakan, “Untuk persiapan hari raya kurban, mulai h-10 atau dari 12 Agustus, kita melakukan pengawasan ditempat penjualan,” ujarnya kepada zonabekasi.com selasa,7/8/2018.

Selain itu menurut Satia, pihaknya juga akan melibatkan 35 dokter muda dari Fakultas Kedokteran hewan dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Tiap tahun kita selalu lakukan pemeriksaan, tim pemeriksa bekerja sama dengan sejumlah mahasiswa IPB dan perhimpunan dokter hewan Indonesia (PDHI),” terang Satia Sriwijayanti.

Menurutnya, pemeriksaan hewan kurban meliputi kondisi fisik hewan, seperti kondisi hidung, kuku, mulut, suhu atau temperatur tubuh, serta performa  hewan kurban.

“Kalau penyakit sementara ini biasanya ditemukan ditempat penampungan, karena perubahan cuaca, kondisi mudah jadi lelah. Yang paling kita takutkan penularan penyakit antraks,” ujarnya

Selain itu lanjut Satia, “Ada fasciola hepatica (cacing hati). Walaupun tidak secara langsung lari kemanusia, tapi itu sudah mengganggu,”tutupnya. (Dika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here