Beranda Hukum & Kriminal Polrestro Bekasi Kota Ringkus Penyebar Hoax

Polrestro Bekasi Kota Ringkus Penyebar Hoax

117
0
BERBAGI

ZonaBekasi.com Kota-  Tim Satgas unit Reskrim Polrestro Bekasi Kota, berhasil menangkap salah seorang terduga pelaku penyebar Hoax ujaran kebencian berinisial S, (42) pada hari sabtu, 26/5/2018 berhasil diringkus dikecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.

Dari pelaku S, petugas menyita 1 unit handphone merk samsung j7-prem berwarna putih.  Sementara seorang terduga pelaku lainya berhasil lolos dan masuk daftar pencarian orang (DPO).

Sebelumnya sempat beredar pesan ujaran kebencian yang mengatasnamakan komunitas agama dalam mendukung salah pasangan calon (paslon) walikota Bekasi, yang diduga disebarkan oleh para pelaku melalui groub whats up.

Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP. Wijonarko mengatakan, “pelaku menyebarkan berita hoax tersebut ke tujuh group whats up, yang isinya dari GPKB (Gerakan Pemuda Kristiani Bekasi) ditujukan kepada Ulama dan Ustad diKota Bekasi, “ujarnya zonabekasi.com, senin, 28/5/2018.

Lanjut Wijonarko, “pelaku ada 2 (dua) orang dan salah 1 masuk daftar pencarian orang (DPO) kami. hingga saat ini kasus masih dalam pengembangan Polres Metro Bekasi Kota, “terangnya.

Kemudian, berdasarkan keterangan saksi dan pelaku, “terhadap perbuatan tersangka S dengan sengaja atau tidak disengaja dan tanpa hak menyebarkan berita informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat, suku, agama, ras dan antar golongan yang viral dimedia,” sambungnya

“sebagaimana dimaksud dalam pasal 45 A ayat (2) JO pasal 28 ayat (2) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan undang-undang No 11 thn 2008 tentang informaai elektronik dan atau pasal 16 JO pasal 4 hiruf B angka 1 UU No.40 tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi Ras dan Etnis dan atau pasal 156 a KUHP dengan ancaman 6 tahun penjara, “tutup AKBP.Wijonarko. (Dika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here