Beranda News KPUD Kota Bekasi, menggelar Bimbingan Teknis pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik...

KPUD Kota Bekasi, menggelar Bimbingan Teknis pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2019

20
0
BERBAGI

ZONABEKASI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, menggelar Bimbingan Teknis pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2019, bagi pengurus parpol tingkat Kota Bekasi.

Komisioner KPU Kota Bekasi, Yayah Nahdiyah mengatakan, bimtek ini adalah tindak lanjut Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), yang telah diikuti oleh partai Politik di KPU Pusat beberapa waktu lalu, sebagai syarat sebelum melakukan pendafataran parpol.

“Sebelum partai politik mendaftar, mereka harus mengikuti Bimtek oleh Sipol. Jadi DPP Parpol mengutus operator, untuk di Bimtek oleh KPU RI, dan nanti DPP itu mengetag lagi ke tingkat provinsi dan daerah, sehingga datanya itu terintegrasi,” ujarnya kepada zonabekasi.com disela rehat Bimtek, yang diselenggarakan KPU Kota Bekasi, di Hotel Merapi Merbabu, Bekasi, Senin (02/10/2017).

Data-data yang diinput oleh masing-masing DPP Parpol ini, tidak lain jumlah kepengurusan, domisili keanggotaan, pemenuhan 30 persen perempuan yang diinput melalui Sipol di tingkat pusat.

“Jadi kami disini ketika menerima pendaftaran itu, tidak menerima berkas misalnya, domisili, keterangan, itu tidak ada. Kami hanya menerima salinan foto copy KTA, KTPL atau Suket dan jumlahnya saja,” paparnya.

Berdasarkan data yang diterima KPU Kota Bekasi dari Kesabngpol Kota Bekasi, kata Yayah, ada penambahan empat parpol baru, yakni Perindo, PSI, Idaman dan Berkarya.

“Di Kota Bekasi itu untuk yang lama ada 12 parpol, sementara data dari kesbangpol ada empat parpol baru, Partai Perindo, PSI, Idaman dan Berkarya,” sambungnya.

Yayah menambahkan, syarat sebagai kepesertaan pada pemilu tahun 2019 mendatang, kepengurusan Parpol tingkat Nasional harus terdaftar di seluruh Indonesia. Sementara di tingkat Provinsi, harus memenuhi 70 persen.

“Contohnya kalau di Jawa Barat, kepengurusan parpol itu harus terdaftar sebanyak 70 persen, sedangkan di tingkat kota/kabupaten harus 50 persen dari Kecamatan yang ada,” pungkasnya

Parpol yang tidak terdata di Sipol milik KPU RI, maka tidak akan bisa terdaftar sebagai kepesertaan pemilu tahun 2019. Bimtek yang diselenggarakan KPU Kota Bekasi ini untuk mensosialisasikan pendaftaran dan verifikasi penetapan parpol peserta pemilu 2019.

Pendaftaran yang dilakukan KPU Kota Bekasi ini nantinya, hanya menghitung jumlah KTA dan KTP yang didaftarkan dari masing Parpol, yang ada di Kota Bekasi.

“Pendaftaran itu dimulai dari tanggal 3-16 Oktober 2017. Jadi dari tanggal 1-3 Oktober, untuk pengenalan dulu. Pendaftaran kita hanya menghitung jumlah KTA dan KTP yang didaftarkan, jadi pendaftaran ini kami menerima Hard Copy saja karena yang softcopy yang melalui flashdisk itu kita dapat dari Sipol,” terang Yayah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here